Sabtu, 01 Juni 2013

Rapat Komite dan Sekolah :PPDB 2013, Pasca RSBI, dan Kurikulum 2013

Rapat  yang dihadiri oleh 13 orang pengurus komite,kepala sekolah dan sebagian dewan guru berlangsung di ruang kelas 4 C dari jam 08.00 - 12.00 pada Sabtu, 1 Juni 2013.

PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) 

Berdasarkan Buku Pedoman No. 422.1/142-disdik tanggal 26 Maret 2013 Tentang Petunjuk Operasional PPDB dari Dinas Pendidikan Kota Bogor .maka

Ketentuan PPDB SD:
  • Pendaftaran tanggal 25 – 29 Juni 2013 · 
  • Persyaratan khusus : Akte Kelahiran asli ditahan panitia sejak masa pendaftaran hingga pengumuman.
  • Sistim seleksi : pemeringkatan dari usia tertua dan pemeringkatan dari jarak rumah ke sekolah (berdasarkan Kartu Keluarga ) · 
  • Pengumuman tanggal 3 Juli 2013- · 
  • Daftar ulang tanggla 4 – 6 Juli 2013 SDN 
  • Sukadamai 3 akan menerima 5 rombel /kelas, dengan kapasitas 36 siswa/kelas (batas maksimal standar sekolah SSN) ,total 180 siswa baru. 
  • (Keputusan dan pengumuman resmi dari sekolah menyusul) 

Pasca RSBI 

Menindaklanjuti putusan Mahkamah Konstitusi yang membatalkan RSBI sejak 8 Januari 2013 , maka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan dinas Pendidikan Propinsi Jawa Barat telah mengundang dan mensosialissikan kebijakan kepada kepala sekolah SDN Sukadamai 3 bersama dengan kepala sekolah eks RSBI SD,SMP,SMA,SMK se-Jawa Barat lainnya,diantaranya: 
  • Sekolah eks RSBI  kembali menjadi kategori sekolah reguler 
  • Pengganti nama RSBI sedang dirumuskan 
  • Khusus untuk SDN Sukadamai 3, Kemendikbud memberikan penilaian program RSBI SDN Sukadamai 3 sebagai “ Representative”, artinya layak menjadi SBI (sekiranya RSBI tidak jadi bubar)
  • Pemerintah sedang menggodok pemberian status "Sekolah Kategori Mandiri A" kepada SDN Sukadamai 3 ,dengan prasayarat memiliki akreditasi A+ ( skor > 89 ).Rencananya tim penilai akan malakukan penilaian pada Agustus 2013 (rencana).
  • Tidak boleh ada pembelajaran billingual
  • Sekolah negeri SD,SMP eks RSBI tidak boleh melakukan pungutan 
  • Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Kemendikbud mengundang 20 orang siswa kelas 4,5 SDN Sukadamai 3 ikut seleksi nasional tahap 1 program home stay (tinggal ) di negara dimana SDN Sukadamai telah menjalin kerjasama sister school ,yakni di New Zealand.Pesert terpilih dari masing -masing sekolah  didampingi oleh 2 guru perempuan dan 2 guru laki-laki yang aktif berbahasa Inggris 

Kurikulum 2013, nasib pelajaran science dan math pada tahun ajaran baru ?

Sekolah sebagai perpanjangan negara dalam memberikan pelayanan pendidikan formal kepada warga negara terikat pada peraturan perundang-undangan dan  sistim penyelanggaraan pendidikan nasional yang berlaku.
Terkait bidang studi science dan math ,bahasa Inggris, pada tahun ajaran mendatang ,kepala sekolah belum mengeluarkan kebijakan resmi.Namun dalam rapat mengemuka beberapa opsi dari peserta rapat ( berikut ini bukan keputusan rapat,belum menjadi agenda dan  kebijakan sekolah ) :
  • Kurikulum 2013 bertahap dilaksanakan pada kelas 1 dan 4 mulai Juli 2013
  • Kelas 2,3 ,5 dan 6 tetap memakai kurikulum KTSP ,artinya jenis bidang studi resmi yang dipelajari tidak berbeda dengan tahun ajaran sebelumnya, namun  bidang studi science dan math tidak ada lagi  dalam pembelajaran formal di kelas .
  • Sekolah belum menerima panduan resmi implementasi Kurikulum 2013 dari Kemendibud .
  • Sekiranya diperlukan dan sejauh tidak melabrak pakem kurikulum 2013 , maka pelajaran science ,math,bahasa Inggris di kelas 1 dan 4  sebatas  bisa disisipkan dalam proses penyampaian pembelajaran integratif di kelas ,tanpa teks dan tanpa penilaian (hidden curriculum).
  • Sejauh tidak melanggar aturan,sesuai kebutuhan perkembangan peserta didik dan didukung orang tua, maka pelajara science dan math untuk kelas 2,3,5 dan 6 ( berikut bahasa Inggris untuk kelas  1 dan 4) BISA SAJA dijadikan layanan ekstrakurikuer , sifatnya bisa menjadi ekskul pilihan atau ekskul wajib.
  •  Kesinambungan standar sarana prasarana sekolah dan pelayanan di kelas sebagaimana semasa RSBI tergantung kepada kesepahaman orang tua melalui komite sekolah.
  • Apapun kebijakan sistim penyelenggaraan pendidikan dan kurikulum yang diberlakukan , SDN Sukadamai 3 tetap berkomitmen meningkatkan mutu pendidikan dengan mengacu kepada 8 standar nasional pendidikan.
  • SDN Sukadamai sudah berpengalaman menghadapi perubahan kebijakan pendidikan .Dengan komunikasi yang baik, kebersamaan dan dukungan semua pemangku kepentingan, terbukti SDN Sukadamai 3 dapat melewatinya dengan lancar dan berhasil.
Perubahan jadwal masuk dampak pembangunan ruang kelas baru. 

SDN Sukadamai 3 mendapat hibah Rp 1,3 Milyar dari APBD untuk penambahan 10 ruang kelas baru yang pengerjaannya dimulai pada Juli 2013 . Dengan keberadaan tambahan gedung ini, SDN Sukadamai 3 antara lain  akan memiliki ruang perpustakaan yang memadai, ruang pertemuan.
Sepanjang lebih kurang 6 bulan proses pengerjaan pembangunan mengakibatkan berkurangnya 3 ruang kelas.Untuk itu ada beberapa opsi yang mengemuka menyiasati kekurangan 3 ruang kelas ini: 
  1. Menggabung 6 kelas (6 x 28 siswa) menjadi 3 kelas, dengan konsekuensi wali kelas akan kerepotan dalam menyusun administrasi kelas. 
  2. Menyewa gedung di luar lingkungan sekolah yang luasnya bisa ditempati oleh 3 ruang kelas,tapi ini memakan biaya sewa tahunan yang lumayan besar dan mengahambat mobilitas pembelajaran 
  3.  Menjadwalkan 6 kelas, saling bergantian masing masing 3 kelas masuk pagi dan 3 kelas masuk siang .Ini memungkinkan (akan diputuskan kepala sekolah akhir Juni 2013 ) 
  4.  Memangkas 30 persen durasi jam belajar harian yang biasanya 07.00 – 12.30/14.00.Ini memungkinkan (akan diputuskan kepala sekolah pada akhir Juni 2013) 
  5. Kombinasi opsi 3 dan 4.
  6. Kepala sekolah  mempertimbangkan kondisi peserta didik dan mengupayakan terjaminnya kualitas pelayanan pendidikan  dalam memutuskan opsi terbaik pengelolaan dampak pengerjaan bangunan.

2 komentar:

  1. Terima kasih untuk infonya. Bisa tolong dishare info tambahannya utk dibawah:
    1. Utk pendaftaran, persyaratan document apa saja yg hrs dibawa selain akte kelahiran asli
    2. Bisa tolong diperjelas utk sistem seleksi pemeringkatan jarak dari sekolah .ke rumah
    3. Untuk mendapatkan nomor pendaftaran apakah hrs datang .ke sekolah atau Bisa online ?

    Terimakasih sebelumnya utk informasinya.
    Adi

    BalasHapus
  2. Ya pak Adi.Postingan ini sebatas sosialisasi hasil rapat PPDB
    1. persyaratan document ,nanti akan diumumkan secara resmi oleh panitia (yang terdiri dari para guru)
    2. (dari sosialisasi awal saat rapat)Sistem seleksi pemeringkatan jarak dari sekolah-ke rumah diberlakukan ketika ada calon siswa yang memiliki umur sama.Itupun diantara calon siswa yang berada pada peringkat terakhir (umur).Jawaban ini bukan merupakan mekanisme seleksi resmi dari panitia.Sistim seleksi adalah domain penuh panitia PPDB yang terdiri dari para guru dan manajemn sekolah
    3. Untuk mendapatkan nomor pendaftaran biasanya orang tua/wali harus datang langsung ke panitai PPDB di sekolah

    demikian pak Adi
    terima kasih.

    BalasHapus

Terima kasih atas komentar Anda