Kamis, 20 Juni 2013

Jajak Pendapat Pasca RSBI Oleh Komite SDN Sukadamai 3

Download Kuesioner Jajak Pendapat Pasca RSBI

Banyak perubahan kebijakan pendidikan yang diberlakukan  pemerintah dalam tahun ini yang berpengaruh terhadap SDN Sukadamai 3, diantaranya:
  • MK membatalkan pasal RSBI pada Januari 2013 ,yang berkonsekuensi sekolah RSBI kembali menjadi sekolah reguler ,yang memengaruhi  skema sumber pembiayaan dan muatan pembelajarannya.
  • Pemerintah menerapkan secara bertahap  Kurikulum 2013  di sekolah sasaran (salah satunya SDN Sukadamai 3 ) pada  tahun ajaran 2013/2014 mendatang ,dimulai pada  kelas 1 dan 4.Kurikulum 2013 memiliki perbedaan dibanding kurikulum sebelumnya, terutama struktur dan isinya yang menciutkan jumlah bidang studi ,dengan pendekatan tematik dan  bahasa Indonesia sebagai sentralnya
Namun perubahan tersebut  disikapi  bijak oleh orang tua:
  • Besar harapan agar sekolah tidak mengurangi standar pelayanan,sarana prasarana, pola dan muatan pembelajaran yang menurut orang tua sudah bagus.
  • Mutu pendidikan tetap dipertahankan.Namun antar orang tua memilki beragaman penafsiran tentang mutu.Apakah sekedar kenyamanan belajar, keberadaaan bidang studi science dan math, nilai rapor dan UN ?
Seiring dengan harapan orang tua tersebut, penyelenggara pendidikan di SDN Sukadamai 3 mulai dari kepala sekolah, guru dan karyawan tentu tetap berupaya meningkatkan mutu pendidikan di sekolah.Tapi upaya tersebut harus juga dilandasi  ketaatan pada aturan dan pakem yang berlaku.

Komite sekolah SDN Sukadamai 3   mencoba memposisikan sebagai penegah diantara  dilema dan dinamika tersebut .Sejalan dengan fungsi mediasi dan spirit MBS (Manajemen Berbasis Sekolah) ,komite SDN Sukadamai 3 berinsiatif melakukan  jajak pendapat lewat kuesioner untuk mengetahui sikap, kebutuhan dan harapan  orang tua / wali   peserta didik terhadap muatan pembelajaran dan standar pelayanan pendidikan di SDN Sukadamai 3 Bogor pasca Transisi RSBI

Setelah sebelumnya dilakukan proses sosialisasi ,kegiatan pembagian, pengisian dan pengembalian kuesioner oleh orang tua/wali dilakukan bertepatan dengan hari penerimaan rapor . Untuk kelancaran kegiatan tersebut, komite dibantu oleh wali kelas di masing-masing kelas.Orangtua yang datang menjemput rapor anaknya dipersilakan membaca dan mengisi kuesioner ketika menunggu giliran mengambil  rapor. Lembar kuesioner juga menyediakan kolom kecil di bagian bawah yang bisa digunakan orang tua untuk menuliskan kesan, kritik dan sarannya.Kuesioner yang sudah diisi lengkap langsung dimasukkan ke dalam kardus yang sudah disediakan komite sekolah di masing-masing kelas.

Hasil kuesioner berupa isian pilihan dari para respondent (orang tua ) akan direkap, dikaji dan menjadi pertimbangan bagi sekolah dan komite sekolah dalam menyusun program tahun ajaran 2013/2014 mendatang.

Pada kesempatan hari pertama kegiatan jajak pendapat dengan kuesioner  , Ketua Komite H.Mulyadi,SE masuk ke dalam setiap kelas untuk   menyapa dan mempersilakan orang tua (respondent ) bertanya langsung  hal-hal yang mungkin kurang dimengerti .

Berikut adalah dokumentasi kegiatan pengisian kuesioner pada hari pertama penerimaan rapor, Kamis 20 Juni 2013 yang dilakukan di 9 kelas : 1A-1E, dan 2A - 2D.
 
Kegiatan jajak pendapat dengan kuesioner juga akan diselenggarakan untuk orang tua /wali peserta didik kelas 3, 4, dan 5 pada hari Jumat, 21 Juni 2013.
( Yusuf )
yushokia.08@gmail.com
kotak kuesioner kelas 1A
daftar hadir pengambilan rapor di 1B
kuesioner di kelas 1B
kuesioner di kelas 1C
nasi tumpeng ibu-ibu kelas 1D
kotak kuesioner di kelas 1D
kotak kuesioner di kelas 1E
kotak kuesioner di kelas 2A
kotak kuesioner di kelas 2B
kotak kuesioner di kelas 2C
kotak kuesioner di kelas 2D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar Anda