Rabu, 06 Maret 2013

Tergelitik Oleh Program Kelas Inspirasi Indonesia Mengajar

Setelah sukses dengan Program Pengajar Muda, Yayasan Gerakan Indonesia Mengajar pimpinan Prof Anies Baswedan Ph.D kembali meluncurkan program Kelas Inspirasi.Kelas Inspirasi memfasilitasi  para profesional dari beragam bidang pekerjaan untuk mengajar,berbagi ilmu yang dimilikinya ,  memberi inspirasi dan menumbuhkan mimpi dari profesi yang digeluti saat ini dihadapan  peserta didik langsung dalam  kelas pada beberapa Sekolah Dasar.

Pada tahun ini, sebanyak 599 relawan pengajar dari kalangan pekerja profesional telah terpilih dari 1.158 pekerja profesional yang mendaftar.Kelas inspirasi telah diselenggarakan di 58 SD negeri di Jakarta pada tahun lalu.Rencananya tahun ini ,program Kelas Inspirasi akan menyasar 5 kota lainnya, yakni  Bandung, Yogyakarta, Solo, Surabaya, dan Pekanbaru yang tersebar di 122 SD. 

Anies Baswedan  menjelaskan bahwa masa depan Indonesia berada di ruang-ruang kelas  Apa yang terpancar pada wajah-wajah anak Indonesia adalah pancaran masa depan Indonesia yang berupaya selalu lebih baik. Salah satunya adalah melalui pendidikan.

"Kita semua ini adalah produk pendidikan. Pendidikanlah yang membuat kita jadi seperti ini dan terbuka berbagai kesempatan. Jadi, mari melakukan sesuatu dengan kembali ke tempat kita dulu dididik," jelas Anies.

Program kelas Inspirasi bukanlah hal baru di sekolah - sekolah luar negeri.,mungkin hanya istilahnya saja  yang berbeda dan lingkup gerakannya lebih kecil. Program ini difasilitasi oleh  PTA ( Parent Teacher Association), semacam komite sekolah-nya di Indonesia, dengan meminta orang tua peserta didik secara terjadwal dan bergiliran  hadir pada akhir pekan  , bercerita dan mengajarkan tentang profesi yang digeluti  dihadapan pesert didik di sekolah anak-anak  mereka

Membaca program Kelas Inspirasi ini, kita pun jadi tergelitik. Bukankah sebenarnya pada lingkup yang lebih kecil ,orang tua ataupun saudara peserta didik di SDN Sukadamai 3  memiliki  beragam profesi yang juga layak dihadirkan di depan kelas, bercerita dan berbagi tentang profesi mereka kepada para serta didik di SDN Sukadamai 3 Bogor.

Komite sekolah dengan berkoordinasi dengan sekolah bisa merintis program kelas inspirasi dalam lingkup sekolah,dengan tahapan sebagai berikut:
  • Pertama, komite sekolah membentuk semacam panitia kecil yang terdiri dari unsur pengurus komite, orang tua, dan guru.
  • Tim kecil merancang pemodelam program kelas inspirasi , profesi yang mau dihadirkan,teknis pelaksanaan, penjadwalan ,dan target program .
  • Tim melakukan sosialisasi dan penjaringan relawan,berupa tawaran ataupun permohonan kepada orang tua, atau saudara peserta didik  yang mewakili beberapa profesi terpilih.
  • Tim melakukan verifikasi data ,kesediaan diri, dan menyeleksi calon relawan
  • Tim melakukan pembekalan singkat kepada relawan kelas inspirasi.
  • Action, kelas inspirasi pun bisa langsung jalan. 
  • Program dievaluasi dan diperbaiki sambil jalan, sehingga terbentuk  format yang lebih baik dan pas

1 komentar:

  1. Assalamu'ailakum,

    Mohon maaf jika tidak sesuai dengan materi, karena tidak ada kontak di web ini.

    Salam kenal, kiranya dapat memberikan informasi kepada Anda selaku pengelola sekolah. Kami dari provider lokasi villa Paddessa Maison di Pancawati, Caringin Bogor, adalah tempat yang cocok untuk mendukung kegiatan siswa dan siswi dalam proses belajar. Kami tawarkan konsep kegiatan yang bersentuhan dengan alam.

    Kiranya jika berkenan pihak sekolah dalam rangka untuk meningkatkan pengembangan pola mengajarnya dengan menggunakan fasilitas kami tersebut, dapat menghubungi :
    wiwit wiranto | 081320271271 | bbm. 7562c623 | wiwit.wiranto@SewaVillaMurahBogor.com | www.sewavillamurahbogor.com

    BalasHapus

Terima kasih atas komentar Anda