Senin, 02 Desember 2013

Sekolah Unggul Adalah Sekolah Efektif

Sekolah unggul adalah sekolah yang sering menjadi pemuncak berbagai lomba
Sekolah unggul adalah sekolah yang langganan meraih peringkat rata-rata UN tertinggi dan banyak diterima di sekolah-sekolah favorit
Sekolah unggul adalah sekolah yang lengkap,nyaman, dan modern sarana prasarana sekolahnya
Sekolah unggul adalah sekolah yang telah mendapat akreditasi  dan sertifikasi tertentu
Sekolah unggul adalah sekolah yang memiliki beragam kegiatan ekstrakurikuler
Sekolah unggul adalah sekolah yang memilki proses pembelajaran yang fun, beragam program pembiasaan dan pengembangan karakter
sekolah unggul adalah.......?

Beragam indikator yang terlihat,terasakan, dan dipakai masyarakat dalam melakukan penilaian apakah sebuah sekolah sedang berproses menjadi sekolah unggul, konsisten  menjadi sekolah unggul dan semakin unggul, atau malah sedang terjadi penuruan keunggulan dan degradasi mutu.

Apakah sekolah tempat anak anak kita bersekolah , sekolah dimana kita  mengajar, sekolah yang  kita pimpin masih tergolong unggul, atau keunggulannya hanya sekedar tinggal sejarah dan pemanis cerita .Apakah kita  tetap berlaku istoqomah dan ikhlas  dalam mempertahankan keunggulan-keunggulan sekolah anak-anak kita, sekolah dimana kita mengajar, sekolah yang kita pimpin.Atau tanpa disadari kita mulai berdalih dan pamrih.
Selain menuntut keunggulan , apakah kita juga konsisten mendukung dan bersinergi ..

Berikut adalah file usang yang memberitahu kita tentang apa itu sekolah unggul

dikutip dari presentasi dr. Fasli Jalal, Ph.D, mantan Direktur Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Departemen Pendidikan Nasional,mantan Dirjen Dikti,mantan Wakil Mendikbud,kepala BKKBN
 Ternyata ..
SEKOLAH UNGGUL= SEKOLAH EFEKTIF

KARAKTERISTIK SEKOLAH EFEKTIF: 
  1. KEPEMIMPINAN YANG PROFESIONAL (Professional Leadership) 
  2. VISI DAN TUJUAN BERSAMA (Shared Vision and Goals) 
  3. LINGKUNGAN BELAJAR (a Learning Environment) 
  4. KONSENTRASI PADA BELAJAR-MENGAJAR (Concentration on Learning and Teaching 
  5. HARAPAN YANG TINGGI (High Expectation) 
  6. PENGUATAN/PENGAYAAN/PEMANTAPAN YANG POSITIF(Positive Reinforcement)
  7. PEMANTAUAN KEMAJUAN (Monitoring Progress) 
  8. HAK DAN TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK (Pupil Rights and Responsibility) 
  9. PENGAJARAN YANG PENUH MAKNA (Purposeful Teaching) 
  10. ORGANISASI PEMBELAJAR (a Learning Organization) 
  11. KEMITRAAN KELUARGA-SEKOLAH (Home-School Partnership 


DIMENSI SEKOLAH EFEKTIF

Dimensi Leadership 
  1. Iklim dan Atmosphere yang kondusif 
  2. Tujuan jelas, dapat dicapai, relevan 
  3. Guru berorientasi pengelolaan kelas yang baik 
  4. Inservice Training yang efektif untuk guru 

Dimensi Pendukung 
  1. Konsensus terhadap nilai-nilai dan tujuan 
  2. Rencana stratejik dan koordinasi 
  3. Staf kunci yang berkelanjutan 
  4. Dukungan Dinas Pendidikan dan Pemda 
 Dimensi Efisiensi 
  1. Penggunaan waktu pengajaran yang efektif (Intensitas Interaksi) 
  2. Lingkungan sekolah dan kelas yang disiplin 
  3. Evaluasi dan umpan balik secara berkelanjutan 
  4. Kegiatan kelas terstruktur dengan baik 
  5. Petunjuk pembelajaran yang baik 
  6. Penekanan terhadap pengetahuan dan skill yang tinggi 
  7. Kesempatan untuk belajar secara maksimal 
 Dimensi Efficacy 
  1. Harapan untuk mencapai prestasi tinggi 
  2. Reward untuk prestasi dan kinerja tinggi 
  3. Kerjasama dan interaksi dalam kelas 
  4. Keterlibatan semua staf dalam peningkatan kinerja sekolah 
  5. Otonomi dalam melaksanakan proses pembelajaran sekolah 
  6. Guru yang emphaty dan memiliki kemampuan interpersonal dengan siswa 
  7.  Menekankan kepada pekerjaan rumah siswa 
  8. Akuntabilitas terhadap hasil belajar 
  9. Interaksi sesama guru yang baik yang efektif untuk guru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar Anda