Sabtu, 26 Januari 2013

Rapat Menyikapi Putusan MK Pembubaran RSBI

Rapat Komite Sekolah dan Orang Tua Murid SDN Sukadamai 3 Bogor
Dalam rangka mensosialisasikan dan menindaklanjuti putusan Mahkamah Konstitusi dengan berbagai konsekuensinya , maka Sekolah, Komite Sekolah dan orang tua SDN Sukadamai 3 telah mengadakan rapat pada Sabtu, 26 Januari 2013.Rapat dibagi dalam dua sesi.Sesi pertama dengan orang tua kelas 1 dan 2. Rapat sesi kedua dengan orang tua kelas 3,4 dan 5.

Kronologi rapat:

1…Kepala Sekolah menegaskan bahwa kepala sekolah,guru ,karyawan ,komite sekolah dan orang tua SDN Sukadamai 3, menghormati dan siap melaksanakan putusan MK yang telah mencabut pasal 50 ayat (3) UU Sisdiknas tentang RSBI.Itu artinya SDN Sukadamai 3 kembali menjadi sekolah reguler. 

2...Kepala sekolah memaparkan dengan terang benderang jumlah dana yang diterima dan dikeluarkan dalam membiayai program RSBI di SDN Sukadamai 3,baik dana BOS pusat dan BOS daerah yang diterima sekolah, serta dana SPMP orang tua murid yang dipercayakan kepada komite sekolah.(SUMBER DANA: 23 % dari dana BOS, dan 77 % dari dana SPMP orang tua murid) 

3…Diantara 504 murid eks RSBI kelas 1-5 di SDN Sukadamai 3, ada 64 peserta didik dari keluarga tidak mampu ( 12, 7 % ) bebas SPMP, dan 23 peserta didik dari keluarga duafa rutin disantuni sekolah. Ini adalah wujud tanggung jawab sosial keluarga besar SDN Sukdamai 3. 

4…Kepala sekolah mempresentasikan perbedaan pelaksanaan di lapangan antara standar pelayanan yang berjalan di SDN Sukadamai 3 saat ini dengan sekolah reguler lainnya ,terutama Standar Isi, Standar Proses,Standar Sarana Prasarana yang berakibat juga pada perbedaan / besarnya Standar Pembiayaan Pendidikan. 

  •  SDN Sukadamai 3 saat ini : 28 murid dengan 2 guru per kelas,Jam belajar 07.00 – 12.30 (kelas 1,2), jam 07.00- 14.00 (kelas 3,4,5) .Ada science (6-8 jam per minggu), Math (6-8 jam perminggu.Jam belajar untuk pelajaran B.Inggris, ICT, Matematika, IPA berkisar 4-6 jam perminggu.Didukung dengan media pembelajaran yang memadai dengan suasana kelas yang lebih kondusif untuk belajar. 
  • Di SDN reguler lainnya: 40 - 45 murid dan satu guru per kelas.jam belajar 07.00-10.00 (kelas 1, 2),jam 07.00 – 11.00 (kelas 3,4) dan jam 07.00- 12.30 (kelas 5,6) .Tidak ada science dan Math.Jam pelajaran Bahasa Inggris ,IPA dan Matematika dan ICT berkisar 2- 4 jam pelajaran per minggu.

Semakin banyak jumlah murid di kelas/sekolah, maka semakin besar dana BOS yang diterima sekolah. BOS pertahun : 

=Jumlah Murid x (580.000 Pusat +25.000 Propinsi+107.500 Kota) 

5..Setelah kepala sekolah dan dewan guru pamit meninggalkan forum rapat, maka Komite melanjutkan rapat dengan para orang tua murid. 

6..Komite Sekolah memberikan kesempatan kepada orang tua murid untuk menyampaikan pandangan ,kritik dan harapan terhadap standar pelayanan di SDN Sukdamai 3 ke depan pasca putusan MK 

7…Sesuai dengan semangat MBS ( Manajemen Berbasis Sekolah), maka mayoritas orang tua peserta rapat MENGHARAPKAN Komite Sekolah bersedia memfasilitasi SDN Sukadamai 3 untuk TETAP MEMPERTAHANKAN Standar Proses KBM (Kegiatan Belajar Mengajar), Standar Sarana dan Prasarana sebagaimana yang sudah berjalan saat ini (OPSI 1).Terkait Standar Isi (struktur kurikulum,beban belajar, lingkup kompetensi dll) di eks RSBI sepenuhnya menjadi kewenangan penyelenggara SDN Sukadamai 3 sesuai dengan kebijakan Kemeterian Pendidikan dan Kebudayaan, sesuai putusan MK, UU yang berlaku dan UUD 1945. 

8…MAYORITAS Orang tua MENGHARAPKAN SDN Sukadamai 3 mempertahankan standar pelayanan yang sudah berjalan saat ini sesuai kebutuhan putra-putrinya. Hal tsb berkonsekuensi terhadap kebutuhan pembiayaan melebihi sumber pembiayaan (BOS) yang sanggup diberikan oleh pemerintah pusat dan daerah.Menyadari FAKTA tersebut, maka orang tua yang mampu SDN Sukadamai 3, atau walinya, DAPAT memberikan sumbangan sukarela yang tidak mengikat kepada sekolah untuk mutu pendidikan.
(M.Yusuf)  yushokia.08@gmail.com
Rapat sesi pertama dengan orang tua kelas 1 dan 2

Rapat Sesi ke dua dengnan orang tua kelas 3,4 dan 5 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar Anda